Pemerintah Sedang Menyiapkan Govt Data Center Management dan Govt Data Recovery

Seperti dilansir Warta@gov 1 September 2008 Depkominfo sedang merencanakan pembuatan Government Data Center Management untuk menyimpan data-data penting pemerintah.Demikian diungkapkan Direktur e-Government Depkominfo, Djojo Agung, dalam percakapan dengan Warta eGov belum lama ini. ”Sebenarnya, kalau pembanguan data center itu kewajibannya ada di instansi masing-masing (departemen atau pemda). Artinya, masing-masing instansi bertanggungjawab dalam membangun data dan informasi masing-masing,” ujar Djoko.

Tetapi data milik  negara siapa yang menyimpan? Itu kan tidak dibawah masing-masing instansi. Yang tidak ditangani dibawah masing-masing instansi itu mestinya departemen ini yang menangani. ”Ini yang namanya Government Data Center Management, sekarang belum ada, tapi kita merencanakan untuk ada. Itu semacam data center. Data-data yang dianggap penting oleh negara akan disimpan di situ dan juga data-data yang akan dishare oleh berbagai instansi. Jadi pusat data bersama,” ujar Djoko.

Di samping itu, lanjut Djoko, pemerintah juga akan membangun  Government Data Recovery. Ini kewajiban dari kantor ini untuk melakukan. Kalau kita tidak membangun sendiri, kita bisa kehilangan data-data kalau terjadi bencana. ”Saat ini kita sudah punya DRC di Batam. Otorita Batam sedang membangun Data Center untuk Otorita Batam, tetapi Data Centernya Otorita Batam akan dijadikan DRC, recovery-nya Nasional. Nasional belum punya. Kalau pemda, tiap instansi, termasuk saya juga punya data sendiri, kayak laporan saya, kegiatan saya, tetapi secara departemen, Departemen Kominfo juga punya Pusat Data,” ujar Djoko.

Sumber: Warta eGov

Pos ini dipublikasikan di Teknologi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pemerintah Sedang Menyiapkan Govt Data Center Management dan Govt Data Recovery

  1. zmoerf berkata:

    Semoga cepat terwujut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s