Design Baru Sistem Penggajian PNS

Sistem penggajian dengan basis kinerja yang sekarang akrab dengan istilah remunerasi memunculkan solusi baru tetapi tidak menyelesaikan permasalahan klasik sistem penggajian PNS.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Kerja Re-Design Sistem Penggajian PNS pada Direktorat Perencanaan Kepegawaian dan Formasi BKN, Janry Haposan UPS saat memaparkan hasil kerja Tim, Senin (17/01). Pemaparan dilakukan dalam rapat saat meminta pendapat serta masukan atas rencana strategi re-design sistem penggajian PNS.

Janry menyampaikan bahwa Tim-nya bekerja untuk memformulasikan besaran gaji PNS yang memenuhi Kebutuhan Hidup Layak (KHL) PNS sesuai hasil penelitian Tim Litbang BKN tahun 2006 dengan langkah mengidentifikasi dan mendeskripsikan permasalahan pada sistem penggajian yang berlaku saat ini. “Selanjutnya perlu pemetaan ulang semua permasalahan terkait sistem penggajian PNS. Dan ini merupakan integrated system yang tidak hanya perlu fix dari sisi jumlah maupun besar gaji PNS,”ungkap Janry. Menurut Janry, Tim ini memang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan mata rumusan penggajian PNS sebagai acuan dan daya ungkit dalam pembahasan sistem penghitungan besaran gaji PNS.

Adapun strategi re-design yang diusulkan meliputi Pencapaian Keadilan Internal, Keadilan Eksternal, Pencapaian Kelayakan Gaji PNS, Ketersediaan Anggaran dan strategi Kebijakan Pusat dan Derah. Yang dimaksud Keadilan Internal adalah dengan mempertimbangkan analisis jabatan dan evaluasi jabatan yang pada akhirnya akan menghasilkan harga jabatan (job price), adapun Pencapaian Keadilan Eksternal dengan menyesuaikan harga pasar atau swasta. Kelayakan Gaji PNS dalam konsep re-design ini diharapkan dapat sesuai denga Kebutuhan Hidup Layak (KHL) PNS. BKN sendiri telah melakukan penelitian tentang KHL PNS pada tahun 2006 namun rekomendasi penelitian masih belum bisa dilaksanakan hingga saat ini.

Semoga Sistem Penggajian PNS tidak lagi menjadi never ending story dalam manajemen kepegawaian di negeri kita ini.

Sumber: bkn.go.id

Pos ini dipublikasikan di Info Kepegawaian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s